Tentang Kami

Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internal (DPMAI) bertanggung jawab dalam mengelola seluruh kegiatan penjaminan mutu dan berfungsi memberikan acuan kepada universitas dan segenap elemennya dalam berproses dan melangkah ke depan dengan prinsip perbaikan berkelanjutan, sehingga keluaran-keluaran yang dihasilkan oleh universitas terjamin kualitasnya sesuai dengan acuan yang telah digariskan.

Visi, Misi dan Tujuan DPMAI Universitas Surabaya

Visi

Menjadi unit terdepan yang bertanggung jawab terhadap penjaminan kualitas masukan, proses, keluaran dan audit internal di Universitas Surabaya menuju Tata Kelola Universitas yang Baik.

Misi

  1. Membawa Universitas Surabaya menjadi suatu perguruan tinggi yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional melalui penataan proses-proses tridharma yang efektif dan berkualitas
  2. Menjaga dan meningkatkan standar-standar kualitas yang berlaku di Universitas Surabaya
  3. Meningkatkan peran staf dan auditor internal sebagai mitra bisnis strategis yang memberikan nilai tambah bagi manajemen dan seluruh jajaran unit dalam rangka mencapai tujuan institusi
  4. Bekerja dengan berdasarkan pada sikap independen, obyektif dan profesional serta menjunjung tinggi etika profesi
  5. Membantu unit kerja di Universitas Surabaya dalam menerapkan prinsip-prinsip perbaikan berkelanjutan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehari-hari.

Tujuan

  1. Mengembangkan dan menerapkan Standar Internal mutu tridharma perguruan tinggidan keuangan,sesuai dengan siklus manajemen mutu di Universitas Surabaya
  2. Menjamin mutu prodi dan unit penunjang melalui pelaksanaan audit internal dan akreditasi/sertifikasi oleh pihak eksternal
  3. Mengembangkan budaya mutu dan perbaikan berkelanjutan serta sistem umpan balik pelanggan, dan pemangku kepentingan yang efektif pada sivitas akademika

SDM Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internai

  1. Direktur: Gunawan, S.Si., M.B.A., Ph.D.
  2. Manajer Audit Internal Dan Monevin: Yenny Sugiarti, S.E., M.Ak., QIA.
  3. Manajer Pengembangan dan Penerapan Standar: Audia Ratnasari, S.Psi., M.M.
  4. Manajer Manajemen Perubahan dan Budaya Mutu Organisasi: Dina Natalia Prayogo, S.T., M.Sc.
  5. Staf Administrasi: Suryani Ika Putri, S.E.
  6. Staf Pengembangan dan Penerapan Standar: Ariesta Agustin Permatasari, S. Psi.
  7. Staf Manajemen Perubahan dan Budaya Mutu Organisasi:
  8. Staf Audit Keuangan: Ita Megasari, S.E., Nugraheni, S.E., Agus Riyanto, S.E., Bagus Sekti Wahana, S.E.

Layanan

Layanan penjaminan mutu tergambar melalui ruang lingkup tugas Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internal dalam aktivitas pokok berikut:

  1. Mengelola pengukuran kinerja pada tingkat subsistem melalui implementasi rumusan key performance indicators yang dihasilkan universitas.
  2. Mengelola pengukuran kinerja terhadap dosen melalui evaluasi pembelajaran (untuk menghasilkan Indeks Pembelajaran Dosen), penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan kelembagaan.
  3. Melakukan fungsi appraisal independent yang dibentuk di dalam organisasi untuk melakukan audit, menyajikan analisis, rekomendasi, bimbingan, dan informasi mengenai kegiatan yang direview terkait dengan akuntansi keuangan masing-masing direktorat dan unit di Universitas Surabaya.
  4. Melakukan pemeriksaan internal (audit) terhadap sistem manajemen mutu ISO 9001 secara internal melalui audit terintegrasi (audit ISO 9001:2015, audit 5R, dan Monevin SPP) kepala seluruh direktorat dan unit.
  5. Mengkoordinir Tim Monitoring dan Evaluasi Internal Universitas Surabaya untuk memonitor dan mengevaluasi pengelolaan hibah yang diperoleh melalui kompetisi yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti dan pengelolaan program pengembangan.
  6. Mengkoordinir anggota Tim Penjaminan Mutu Fakultas/Prodi dalam melaksanakan tugas penjaminan mutu di Fakultas/Prodi masing-masing serta pelaksanaan tugas audit mutu terintegrasi (akademik dan non akademik).
  7. Mengelola dokumentasi sistem manajemen mutu Universitas Surabaya.
  8. Mengendalikan tindak lanjut (tindakan koreksi dan korektif) terhadap ketidaksesuaian yang timbul dalam implementasi sistem manajemen mutu.
  9. Mengkoordinasi pelaksanaan survey Budaya Mutu Organisasi untuk mendapatkan gambaran budaya mutu universitas secara keseluruhan.
  10. Memfasilitasi upaya-upaya peningkatan kualitas dalam bentuk penyediaan jasa pelatihan, seminar, konsultasi baik di lingkungan Universitas Surabaya dan sekolah serta perguruan tinggi.
  11. Mengembangkan kapasitas internal melalui pengiriman staf untuk mengikuti berbagai pelatihan terkait sistem penjaminan mutu.
  12. Mengelola perbaikan berkelanjutan dalam implementasi sistem manajemen mutu Universitas Surabaya.

Prestasi

Saat ini sistem manajemen mutu di seluruh direktorat dan unit sudah tersertifikasi ISO 9001:2015 (dengan ruang lingkup public administration of education services) serta program studi tersertifikasi ISO 9001:2015 (dengan ruang lingkup untuk education services).

Pada tingkat internal, DPMAI berhasil meraih Juara I pada Ubaya Quality Manajemen Sistem Award (UQMS Award) 2015 pada kategori Unit Kerja Sedang dengan kinerja Excellent. UQMS Award adalah penghargaan yang diberikan kepada unit kerja di lingkungan Universitas Surabaya yang bertujuan untuk memberikan apresiasi dan motivasi internal bagi seluruh unit kerja dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu Terintegrasi secara efektif dan efisien, termasuk di dalamnya penilaian lomba 5R. UQMS Award diberikan secara periodik (satu tahun sekali) pada saat Dies Natalis sejak 2015.

Pada tingkat nasional, prestasi membanggakan diraih Universitas Surabaya melalui perolehan SNI Award. SNI Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) kepada perusahaan/organisasi yang mempunyai komitmen dan konsisten dalam menerapkan SNI dan memiliki kinerja baik. Keikutsertaan UBAYA dalam SNI Award dimulai pada tahun 2010 dan terus berlanjut pada tahun 2012 sampai berhasil mendapatkan penghargaan. Pada tahun 2014 Universitas Surabaya berhasil mendapatkan penghargaan SNI Award 2014 untuk kategori Perusahaan/Organisasi Jasa Besar, sedangkan pada tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018 secara berturut-turut Universitas Surabaya berhasil mendapatkan penghargaan SNI Award peringkat Emas.

Selain itu Universitas Surabaya juga memperoleh Penghargaan atas Kontribusi dalam Pengembangan Standardisasi Nasional (9 November 2015) dari BSN.

Kerjasama

DPMAI bekerjasama dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan penjaminan mutu dan pendidikan standardisasi. Kerjasama yang telah dilakukan antara lain:

  1. Kerjasama dengan BSN melalui keikutsertaan dalam SNI Award dan pelaksanaan Pendidikan Standardisasi serta survey persepsi masyarakat, akademisi, pelaku usaha dan pemerintah terhadap SNI di kota Surabaya dan sekitarnya.
  2. Kerjasama dengan beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam bentuk workshop dan pelatihan.
  3. Kerjasama dengan Badan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu yaitu British Standard Insitution (BSI) dalam pemberian sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, serta pelaksanaan pelatihan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015.