Pada tanggal 13 Juli 2024 DPMAI khususnya staf dan manajer Audit Internal mengikuti  “Pelatihan Atlas Berbasis Excel” yang dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi auditor terkait siklus audit berbasis risiko berbantuan teknologi informasi sederhana. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Accounting Service Center -FBE Universitas Surabaya dan dibawakan oleh 3 (tiga) nara sumber yaitu:

  1. Dr. Senny Harindahyani, S.E., M.AK, AK., CA., CSRS. (dosen prodi akuntansi Ubaya)
  2. Obe Efrem,S.E., CPA, ASEAN CPA (KAP Tjahjadi & Tamara/Morison Global)
  3. Adrian H. Santoso, S.E., CPA., ASEAN CPA (KAP Tjahjadi & Tamara/Morison Global)

Pelatihan ini diikuti oleh 12 peserta berlatar belakang mahasiswa, auditor, dan akademisi. Pelatihan yang diadakan selama satu hari memberikan pemahaman mengenai aplikasi audit sederhana yaitu ATLAS (Audit Tools and Linked Archieve System)  seperti Pre-Engagement (Pra Perikatan), Risk Assessment, Risk Response, Completing and Reporting yang dikembangkan oleh Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) dan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

Latar belakang penerapan ATLAS dalam audit adalah:

  1. Auditor wajib melakukan penerapan audit berbasis risiko oleh ISA (International Standards on Auditing) yang menuntut adanya suatu alat atau tools yang dapat membantu Akuntan Publik dalam memahami dan menerapkan standar auditing tersebut dalam pemberian jasa profesionalnya.
  2. Masih banyaknya kelemahan terkait pemahaman atas pelaksanaan audit berbasis risiko serta perlunya sarana audit yang efektif sesuai dengan standar audit, maka P2PK & IAPI membuat aplikasi ATLAS
  3. Aplikasi ini dimaksudkan sebagai sarana untuk menjalankan prosedur audit dan mendokumentasikan hasilnya sebagai dasar dalam pemberian opini.

Pada pelatihan ini peserta diberi e-book panduan ATLAS dan melakukan praktek secara langsung pada aplikasi ATLAS. Harapan dari pelatihan ATLAS Berbasis Excel ini peserta mampu mengembangkan kompetensi dan pengetahuan mengenai aplikasi audit berbasis risiko, dan menerapkannya ke bidang pekerjaannya. (YS, IM, NN)

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *