Tel: +62-31-298-1029,1019 | Mail: dpm_ai@ubaya.ac.id


Profil DPMAI

Universitas Surabaya adalah institusi pendidikan tinggi yang selalu mengedepankan kualitas yang tinggi pada layanan seluruh kegiatan tri-dharma perguruan tinggi kepada masyarakat. Oleh karena itu upaya-upaya peningkatan mutu dilaksanakan oleh seluruh elemen yang bertanggung jawab dalam menghasilkan keluaran berbentuk kegiatan tri-dharma. Untuk mendukung upaya peningkatan mutu tersebut, Universitas Surabaya membentuk suatu unit Audit Internal pada tahun 2001 yang bertugas melakukan audit keuangan, kemudian pada tahun 2005 dibentuk Unit Quality Assurance (Jaminan Mutu). Dengan mempertimbangkan bertambahnya ruang lingkup bukan hanya pada bidang pembelajaran dan penunjang, melainkan juga mencakup pada audit keuangan dan kebijakan, maka unit Quality Assurance sejak maret 2012 diperkuat menjadi sebuah direktorat, yaitu Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internal (DPMAI). Unit ini bertanggung jawab dalam mengelola seluruh kegiatan penjaminan mutu dan berfungsi memberikan acuan kepada universitas dan segenap elemennya dalam berproses dan melangkah ke depan dengan prinsip perbaikan berkelanjutan, sehingga keluaran-keluaran yang dihasilkan oleh universitas terjamin kualitasnya sesuai dengan acuan yang telah digariskan.

 

Ruang Lingkup Tugas

Implementasi penjaminan mutu tergambar melalui ruang lingkup tugas Direktorat Penjaminan Mutu Ubaya yang secara garis besar Sistem penjaminan mutunya akan diintegrasikan dan diperluas sampai meliputi penjaminan mutu pembelajaran, penjaminan mutu prosedur dan layanan,  Audit unit kegiatan strategis (UKS).

Ada sepuluh aktivitas pokok berikut:

  1. Mengelola pengukuran kinerja pada tingkat subsistem melalui implementasi rumusan key performance indicators yang dihasilkan universitas;
  2. Mengelola pengukuran kinerja terhadap dosen melalui evaluasi pembelajaran (untuk menghasilkan Indeks Pembelajaran Dosen), penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan kelembagaan;
  3. Melakukan fungsi appraisal independen yang dibentuk didalam organisasi untuk menguji dan mengevaluasi berbagai kegiatan sebagai service terhadap organisasi, menyajikan analisis, appraisal, rekomendasi, counsel, dan informasi mengenai kegiatan yang direview terkait dengan akuntansi keuangan masing-masing unit/subsistem di Universitas Surabaya.
  4. Mengkoordinir Tim Monitoring dan Evaluasi Internal Ubaya untuk memonitor dan mengevaluasi pengelolaan hibah yang diperoleh melalui kompetisi yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti dan pengelolaan program pengembangan;
  5. Mengkoordinir anggota Koordinator Penjaminan Mutu Fakultas/Prodi dalam melaksanakan tugas penjaminan mutu di Fakultas/Prodi masing-masing serta pelaksanaan tugas audit mutu terintegrasi (akademik dan non akademik)
  6. Mengelola dokumentasi sistem manajemen mutu Ubaya
  7. Mengendalikan tindak lanjut (tindakan koreksi dan korektif) terhadap ketidaksesuaian yang timbul dalam implementasi sistem manajemen mutu
  8. Memfasilitasi upaya-upaya peningkatan kualitas dalam bentuk penyediaan jasa pelatihan, seminar, konsultasi baik di lingkungan Ubaya dan sekolah serta perguruan tinggi
  9. Mengembangkan kapasitas internal melalui pengiriman staf untuk mengikuti berbagai pelatihan terkait sistem penjaminan mutu.
  10. Mengelola perbaikan berkelanjutan dalam implementasi sistem manajemen mutu Ubaya