Tel: +62-31-298-1029,1019 | Mail: dpm_ai@ubaya.ac.id


Tinjauan Manajemen (Surabaya, 19 November 2015)

DPMAI telah mengadakan Tinjauan Manajemen pada 19November 2015 yang bertempat di Ruang B.1.1 - Kampus Ngagel Universitas Surabaya. Rapat Tinjauan Manajemen dihadiri 64 orang yang terdiri daripimpinan Universitas, pimpinan Fakultas/Politeknik dan Direktorat/Unit Manajemen lain di lingkungan Universitas Surabaya.

Tinjauan Manajemen adalah suatu kegiatan berupa rapat yang dilakukan secara berkala sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan, dan pelaksanaannya minimal 1 kali dalam setahun setelah pelaksanaan audit internal atau dalam agenda rapat rutin/rapat kerja pimpinan. Audit Internal sendiri telah dilaksanakan pada tanggal 13 sd 27 Agustus 2015. Audit internal mencakup audit ISO 9001:2008 , IWA 2 : 2007, 5Rdan Monevin. Sedangkan Unit kerja yang diaudit terdiri dari Unit pelaksana Akademik, Unit penunjang akademik, Unit pelaksana administrasi layanan teknis dan Unit Hubungan Eksternal, Strategis& Pengembangan Universitas.

Tinjauan manajemen memiliki agenda wajib, yang telah diatur dalam klausul ISO 5.6 meliputi : Hasil Audit, Umpan Balik Pelanggan dan Keluhan Pelanggan, Kinerja Proses dan Kesesuaian Produk, StatusTindakan Preventif & Korektif, Tindak lanjut Tinjauan Manajemen yang lalu, Perubahan yang dapat Mempengaruhi SMM, Kebijakan Mutu, kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya Jawab (Saran-saran dan hal-hal terkait yang diperlukan untuk mendapatkan  komitmen bersama demi peningkatan penerapan SMM).

Berikut cuplikandari agenda Tinjauan Manajemen:

1.  Hasil Audit (Terintegrasi dan Eksternal)

Terdapat 67% temuan terkait klausul 8 Pengukuran, Analisis dan Perbaikan. Sisanya sebanyak 33% terdapat temuan pada klausul 7 Pengendalian Produk, Klausul 4 Pengendalian Dokumen, serta Klausul 5 Komitmen Manajemen.

2.   Umpan Balik Pelanggan dan Keluhan Pelanggan

Rata-rata Tingkat Kepuasan Pelanggan sebesar  72%.

3.      Kinerja Proses dan Kesesuaian Produk

Rata-rata Capaian Monitoring Sasaran Mutu ISO 71%.

4.      Status Tindakan Preventif & Korektif

Hasil audit internal yang masih open (menunggu respon Unit) masih terdapat 6 minor.

5.      Tindak lanjut Tinjauan Manajemen yang lalu

Pengendalian SK/Peraturan Internal, ST  dan Sistem Pengarsipan, sedang dibuat database.

6.      Perubahan yang dapat Mempengaruhi SMM

7.      Kebijakan Mutu

Kebijakan Mutu yang tertuang dalam Manual Mutu masih relevan, yaitu fokus pada kepuasan pelanggan

Pada dasarnya, agenda tinjauan manajemen yang telah dijelaskan diatas bertujuan untuk menggerakkan roda Plan Do Check Action dalam rangka perbaikan berkelanjutan dalam sistem manajemen mutu organisasi. Oleh karena itu semoga cuplikan tersebut, tidak mematahkansemangat kerja bagi direktorat/unit kerjabeserta fakultas/politeknik dan prodilain,tetapi justru semakin memicu untuk semakin terus menerus melakukan perbaikan.(AA)

Artikel ini telah dibaca sebanyak 269 kali.