Tel: +62-31-298-1029,1019 | Mail: dpm_ai@ubaya.ac.id


Seminar AUN (ASEAN University Network) (Surabaya, 12 Februari 2015)

AUN merupakan organisasi universitas di negara-nagara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) yang didirikan pada November 1995. Kantor permanen Sekretariat didirikan pada tahun 2000 dan terletak di kampus Universitas Chulalongkorn di Bangkok. Adapun tujuan AUN adalah untuk meningkatkan atau menyamakan kualitas standar universitas di ASEAN. Asean University Network bukanlah suatu akreditasi, melainkan sertifikasi berupa assessment process, untuk mendapatkan umpan balik posisi program studi terhadap standar AUN. ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) mengacu ke standar akreditasi International, disusun oleh pakar-pakar QA ASEAN dan dimotori oleh National University of Singapore. Anggota AUN dan prodi yang telah di-asses AUN, mahasiswanya dapat mengikuti program kredit transfer dengan universitas-universitas anggota AUN.

AUN terdiri dari Dewan Pembina (Board of Trustees), Sekretariat AUN, dan universitas anggota. Dewan Pembina terdiri dari satu wakil dari masing-masing Negara Anggota ASEAN, Sekretaris Jenderal ASEAN, Ketua subkomite Pendidikan ASEAN (ASCOE) dan Direktur Eksekutif AUN. Tugasnya adalah untuk merumuskan kebijakan, menyetujui proposal proyek, alokasi anggaran dan pelaksanaan kegiatan mengkoordinasikan. Sekretariat AUN terlibat dalam perencanaan, organisasi, monitoring dan evaluasi kegiatan AUN dan juga dalam pengembangan ide-ide baru dan akuisisi pendanaan. Universitas anggota tugas melaksanakan program dan kegiatan AUN. Universitas yang telah menjadi anggota AUN di Indonesia adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Airlangga.

Pada Kamis, 12 Februari 2015 lalu, Prof. Tan Kay Chuan (Department of Industrial & System Engineering, Faculty of Engineering, National University of Singapore) sebagai salah satu pendiri AUN, berkesempatan untuk memberikan seminar singkat tentang AUN di Ubaya. Acara seminar ini dibuka oleh Wakil Rektor I, Bpk. Nemuel Daniel Pah, S.T., M.Eng., Ph.D. dengan moderator Bpk. Markus Hartono, S.T., M.Sc., CHFP., Ph.D., dosen Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik, dan dihadiri oleh para Kaprodi, Wakil Dekan, Dekan, serta Direktur.

Dalam pemaparannya, Prof. Tan Kay Chuan menjelaskan 15 kriteria untuk mendapatkan sertifikasi AUN: 1) Learning outcomes, 2) Programme specification, 3) Programme structure and content, 4) Teaching and learning strategy, 5) Student assessment, 6) Academic staff quality, 7) Support staff quality, 8) Student quality, 9) Student advice and support, 10) facilities and infrastructure, 11) Quality assurance of teaching and learning process, 12) Staff development activities, 13) Stakeholders feedback, 14) output, 15) Stakeholder satisfaction. Terdapat 7 skala penilaian di setiap kriteria. Nilai 6 menggambarkan tingkatan universitas terbaik di negaranya (best in country), sedangkan nilai 7 menggambarkan tingkatan universitas terbaik dunia (best in the world). Sedangkan persyaratan umum untuk dapat disertifikasi AUN diantaranya adalah 1) telah sekurang-kurangnya telah menghasilkan lulusan dalam 10 tahun terakhir, 2) teregister oleh pemerintahan setempat, 3) reputasi, 4) kemungkinan untuk transfer kredit (credit transform).

Diharapkan dengan seminar singkat ini, terbuka jalan untuk mengibarkan program studi Ubaya di tingkat internasional. (AR)

 

 

 

 

 

 

                                                                                        

Artikel ini telah dibaca sebanyak 1317 kali.