Tel: +62-31-298-1029,1019 | Mail: dpm_ai@ubaya.ac.id


Persiapan Audit Eksternal 2015 (Surabaya, 4 Februari 2015)

Audit eksternal yang akan dilaksanakan pada Februari 2015 ini merupakan resertifikasi ISO 9001/ IWA 2 di Ubaya. Sertifikasi pertamakalinya pada tahun 2009, dengan ruang lingkup 7 unit kerja (yaitu Biro Admik, Biro Adpesdam, Biro Adum, Direktorat Career Assistance Center, Direktorat Keuangan, PIOLK, serta Tim Pengadaan), dengan badan sertifikasi Bureau Veritas (BV). Selanjutnya, pada tahun 2012, proses resertifikasi dilaksanakan dengan ruang lingkup sudah meliputi bidang pembelajaran (kecuali prodi magister) oleh badan sertifikasi British Standard Institution (BSI). Kali ini, resertifikasi juga dilakukan oleh BSI, dengan ruang lingkup seluruh Universitas Surabaya. Prodi Magister Psikologi Sains merupakan satu-satunya prodi yang termasuk dalam extent scope kali ini.

Sebagai prodi yang akan masuk extent scope, persiapan telah dilakukan dengan cukup baik oleh Kaprodi Magister Psikologi Sains, Bpk. Dr. Frikson Christian Sinambela, S.Psi., M.T., Manajer Administrasi Fakultas Psikologi, Ibu Tri Lina Rosita, S.Kom. beserta tim administrasi prodi, serta Koordinator Penjaminan Mutu (KPM) Fakultas Psikologi, Bpk. Marselius Sampe Tondok, S.S., M.Si. dan tentu saja didukung Dekan Fakultas Psikologi, Ibu Prof. Dr. Yusti Probowati R.

Audit internal prodi Magister Psikologi Sains, telah dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Januari 2015 dengan hasil dua temuan minor dan sebelas observasi. Dua temuan ini segera ditindaklanjuti dan sudah dinyatakan efektif oleh auditor, Bpk. Arif Herlambang, S.Si., M.Si. Demikian pula berbagai perbaikan telah dilakukan sesuai dengan masukan dalam catatan sebelas observasi hasil audit internal. Sehingga pada saat dilaksanakannya Tinjauan Manajemen pada hari Rabu, 28 Januari 2015 seluruh temuan dan catatan perbaikan (observasi) hasil audit telah dinyatakan tuntas. Demikian pula dengan Umpan Balik Pelanggan, didapatkan tingkat kepuasan sebesar 75,69% dengan tingkat partisipasi 32, 14% (18 responden dari 56 pengguna layanan). Sedangkan monitoring sasaran mutu, telah dilakukan secara manual, mengingat prosedur masih dalam proses perbaikan sehingga sistem pelaporan monitoring sasaran mutu belum dapat digunakan secara online.

Selain Prodi Magister Psikologi Sains, briefing singkat juga diberikan kepada seluruh unit kerja pada hari Rabu, 4 Februari 2015. Acara dibuka oleh Wakil Rektor II, Bpk. Drs.ec. Stevanus Hadi Darmadji, M.S.A., QIA., dan selanjutnya MR menjelaskan perihal persiapan yang harus dilakukan unit kerja, diantaranya kelengkapan isian monitoring sasaran mutu, kepuasan pelanggan, penyelesaian Laporan Ketidaksesuaian, isian CAP pada audit tahun lalu, kemudahan telusur atas seluruh dokumen SMM dan catatan mutu; serta jadwal pelaksanaan audit eksternal. Demikian pula diinformasikan agar seluruh KPM siap mendampingi Kaprodi masing-masing dalam pelaksanaan audit nantinya. Rektor dan Wakil Rektor I juga hadir dalam kesempatan ini. Di akhir sesi, Bpk. Prof. Ir. Joniarto Parung, M.M.B.A.T., Ph.D. menyampaikan bahwa “Kita harus konsisten dan komitmen dalam menjalankan sistem manajemen mutu. Yang dikenal di luar bahwa Ubaya sudah komitmen menerapkan SMM, sehingga kita harus menunjukkan komitmen kita dengan mengikuti proses audit eksternal ini. Kita tidak perlu sibuk mempromosikan Ubaya, dengan adanya sertifikasi ini, secara tidak langsung  hasil dari sertifikasi ini akan diakui oleh pihak di luar Ubaya”.  (AR)

Artikel ini telah dibaca sebanyak 202 kali.