Tel: +62-31-298-1029,1019 | Mail: dpm_ai@ubaya.ac.id


Ubaya Quality Management System (UQMS) Award 2015, (Surabaya, 11 Maret 2015)

Dies Natalis Ubaya yang ke-47 jatuh pada hari Rabu, tanggal 11 Maret 2015. Segenap warga Ubaya memperingati hari bersejarah tersebut dengan berbagai acara dan kegiatan. Salah satunyaadalah pemberian penghargaan. Berbagai penghargaan diberikan kepada karyawan, mahasiswa dan unit kerjaatas berbagai prestasi yang berhasil diraih.

Penghargaan kepada Unit Kerja sebelumnya diberikan berdasarkan hasil penilaian lomba 5R yang telah berlangsung sejak tahun 2010. Kali ini, penghargaan kepada unit kerja diberikan berdasarkan kriteria  kinerja terbaik dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu. Tidak hanya kriteria 5R saja yang dijadikan acuan penilaian, tetapi berbagai standar dan sistem manajemen secara online dalam pelayanan kepada stakeholdersistem pendendalian yang telah dikelola secara online. Penghargaan ini disebut Ubaya Quality Management System (UQMS) Award.Dalam sambutannya, Rektor Ubaya Prof. Ir. Joniarto Parung, M.M.B.A., Ph.D. mengatakan bahwa  lembaga memberikan penghargaan kepada unit kerja yang konsisten menjaga kualitas unitnya.

Seluruh unit kerja di Ubaya (47 unit kerja) yang menjadi peserta dalam UQMS Award dibagi dalam tiga kategori. Kategori Kecil, Sedang dan Besar. Salah satu penentu dalam pengelompokkan kategori adalah besarnya anggaran yang dikelola oleh unit tersebut.Selanjutnya penilaian dilakukan oleh Tim Penilai berdasarkan database capaian kinerja pada tahun anggaran 2013-2014 dan 2014-2015 sampai dengan 31 Januari 2015. Adapun kriteria penilaian UQMS Award adalah sebagai berikut:

A. Sistem Manajemen Mutu ISO 9001/IWA 2 yang meliputi: 1) Pengendalian Dokumen SMM, 2) Pengendalian Monitoring Sasaran Mutu, 3) Tindak Lanjut Laporan Ketidaksesuaian, 4) Tindak Lanjut Hasil Audit;

B.Pemeliharaan Lingkungan Kerja Berbasis 5R, SML, dan SMK3;

C.Pencapaian Sasaran Pokok-pokok Program;

D.Kepatuhan Pelaporan Keuangan;

E.Kepuasan Pelanggan;

F.Trend Capaian Penerapan SMM.

Penghargaan UQMS Award 2015 kali ini diberikan kepada: Kategori Kecil: Juara III diraih oleh Departemen MIPA, Juara II Klinik Medis, dan Juara I Direktorat Manajemen Aset dan Pengadaan. Kategori Sedang, Juara III diraih oleh Direktorat Administrasi Akademik, Juara II Jurusan Teknik Manufaktur Fakultas Teknik dan Juara I diraih Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internal. Kategori Besar, Juara III diraih oleh Direktorat Perpustakaan, Juara II oleh Fakultas Teknobiologi dan Juara I diraih oleh Fakultas Farmasi, yang sekaligus dinobatkan sebagai Juara Umum UQMS Award 2015 yang memiliki skor tertinggi dari seluruh juara di setiap kategori.

Bertindak sebagai tim penilai dalam UQMS adalah Rektor,Prof. Ir. Joniarto Parung, M.M.B.A.T., Ph.D. (Ketua), dengan anggota terdiri dari: Wakil Rektor I,  Nemuel Daniel Pah, S.T., M.Eng., Ph.D., Wakil Rektor II,  Drs.ec. Stevanus Hadi Darmadji, M.S.A., QIA., , Wakil Rektor III,  Yusrambono, S.H., M.Si.Demikian keputusan Tim Penilai UQMS Award 2015. Keputusan Tim Penilai bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

Selamat kepada para pemenang, semoga dengan penghargaan ini Unit Kerja dapat menjadi lebih baik dalam implementasi Sistem Manajemen Mutu dan menjadi panutan bagi unit kerja lainnya untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan.Bagi Unit kerja yang belum mendapat penghargaan kali ini,marilah berlomba-lomba untuk konsisten menjaga kualitas layanan unitnya sekaligus konsisten dalam menerapkan standar yang telah disepakati untuk meningkatkan kepuasan kepada para pelanggan yang dilayani. (NU)

Artikel ini telah dibaca sebanyak 545 kali.