Tel: +62-31-298-1029,1019 | Mail: dpm_ai@ubaya.ac.id


Visitasi Asesor BAN PT di Prodi Teknik Kimia, Industri dan Elektro (Surabaya, 2,5 dan 24 Februari 2015)

Surabaya, 25 Februari 2015

Bulan Februari 2015 merupakan bulan yang istimewa bagi Universitas Surabaya, sebab pada bulan februari ini, tercatat 3 prodi menjalani proses visitasi akreditasi. Ketiga prodi tersebut adalah prodi Teknik Kimia, prodi Teknik Industri dan prodi Teknik Elektro.

Prodi yang divisitasi pertama kali pada bulan Februari 2015 yaitu prodi teknik kimia pada 2 dan 3 Februari 2015. 

Tim Asesor prodi Teknik Kimia terdiri atas :

Prof. Dr. Jasril MS.  (Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFAR) Riau)

Dr. Siswo Sumardiono, ST, MT  (Universitas Diponegoro)

 

Tidak berselang lama, pada  5 dan 6 Februari, prodi Teknik Industri divisitasi oleh tim asesor,

Dr. T.M.A Ari Samadhi (Institut Teknologi Bandung)

Dr. Kusmaningrum, Ir., M.T. (Institut Teknologi Nasional)

Proses visitasi pada prodi Teknik Elektro, dilakukan oleh tim asesor,

Prof. Dr. Ir. H. Ansar Suyuti, M.T. (Universitas Hasanudin)

Prof. Dr. Ir. Busono Soerowirdjo, M.Sc (Universitas Gunadarma)

Seperti biasanya, kegiatan visitasi di atas, dihadiri pula oleh segenap Pimpinan Universitas, Rektor, Wakil Rektor I , Wakil Rektor III, serta Dekan dari masing-masing fakultas dan juga Direktur Politeknik.Selain pimpinan universitas, kegiatan ini dihadiri pula oleh pimpinan unit layanan/penunjang, antara lain :

 

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Rektor. Dalam sambutannya, pak Rektor menyampaikan bahwa, telah menjadi budaya di Ubaya ketika visitasi dilakukan pada salah satu prodi, maka segenap pimpinan universitas juga pimpinan dari unit penunjang memberikan dukungan serta supportnya saat visitasi dilakukan. Setelah memberikan sambutan, selanjutnya pak Rektor akan mengenalkan satu persatu pimpinan universitas sekaligus pimpinan unit penunjang kepada asesor. Setelah perkenalan oleh pak Rektor, selanjutnya asesor berkesempatan untuk menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya, beberapa asesor memberikan apresiasinya terkait dengan kekompakan pimpinan di Ubaya, bahkan salah satu asesor menyampaikan pendapatnya bahwa, dari sekian kali melakukan proses visitasi prodi, baru pertama kali ini (di Ubaya), proses visitasi dihadiri semua  pimpinan universitas dan juga pimpinan dari unit penunjang. Tim asesor berharap agar budaya seperti ini tetap berlanjut terusSetelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan/presentasi

Rektor terkait Ubaya secara keseluruhan. Setelah pemaparan/presentasi dari Rektor, acara dilanjutkan dengan coffe break. Setelah coffe break, acara dimulai dengan pembahasan borang fakultas terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam borang prodi. pada saat pembahasan borang fakultas, pertanyaan yang sering muncul dari tim asesor adalah pertanyaan terkait visi, misi dan sejauh mana pencapaian visi misi saat ini. Pertanyaan lainnya terkait dengan efektifitas sosialisasi visi, misi yang telah dilakukan. Selain pertanyaan, beberapa asesor juga memberikan rekomendasi serta masukan bagi fakultas.

Setelah pembahasan borang fakultas, sesi berikutnya adalah diskusi/dialog antara asesor dengan kaprodi, membahas masing-masing standar (borang prodi). pada sesi ini, tim asesor(prodi Teknik Industri dan Elektro) berkeinginan untuk klarifikasi data pada standar 3 (data mahasiswa). Pertanyaan asesor dijawab melalui pemaparan kaprodi serta direktur Administrasi Akademik. Beberapa asesor menyampaikan masukan terkait kepangkatan dosen tetap. Salah satu asesor memberikan gambaran tentang strategi pengurusan kenaikan pangkat dosen, dan berharap hal ini dapat menjadi contoh bagi prodi di Ubaya.sesi berikutnya diisidengan dialog dengan mahasiswa, kemudian dilanjutkan dialog dengan para dosen, dan terakhir dilanjutkan dengan visitasi/kunjungan ke fasilitas.

Secara umum, proses visitasi berlangsung dengan baik dan lancar. (AH)

Artikel ini telah dibaca sebanyak 895 kali.