Tel: +62-31-298-1029,1019 | Mail: dpm_ai@ubaya.ac.id


Kunjungan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya ke DPMAI (Surabaya, 25 November 2014)

Beyond the classroom,demikianlah  maksud kunjungan mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya ke Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internal pada Selasa, 25 November 2014 sebagaimana tertuang pada  surat Kajur Teknik Industri, Dina Natalia Prayogo, S.T.,M.Sc. kepada Direktur DPMAI no. 213/K-TI/FT/XI/2014 tanggal 20 November 2014.

Sebanyak 24 orang mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya dengan dosen pendamping Yenny  Sari, S.T., M.Sc.,  Muhammad Arbi Hadiyat, S.Si., M.Si. dan Rahman Swi Wahyudi, S.T., M.T., MBA.

diterima oleh Audia Ratnasari, S.Psi., M.M.  Manajer Manajemen Perubahan dan Budaya Mutu Organisasi dan Arif Herlambang, S.Si., M.Si. Manajer Pengembangan Penerapan Standart beserta staf  DPMAI Suryani  Ika Putri, S.E., Ariesta Agustin Permatasari, S.Psi. di Ruang B.1.1 Kampus Ubaya Ngagel di Jl. Ngagel Jaya selatan no. 169 Surabaya.

Sebagai pembuka, Arif Herlambang, S.Si., M.Si. menyampaikan ucapan selamat datang bagi para mahasiswa beserta dosen jurusan Teknik Industri Ubaya ke DPMAI, semoga kunjungan ini memberikan banyak manfaat bagi para mahasiswa. Ibu Yenny Sari, S.T., M.Sc. sebagai dosen pendamping menyampaikan bahwa tujuan kunjungan mahasiswa yang berasal dari konsentrasi Enterprise Quality SystemSemester 5 tersebut, untuk mempelajari standardisasi dan untuk mengetahui bagaimana usaha Ubaya menjadi pemenang pada ajang SNI Award 2014. Dimana kunjungan ini merupakan bagian dari matakuliah Standardisasi.

Selanjutnya Audia Ratnasari, S.Psi., M.M.  Manajer Manajemen Perubahan dan Budaya Mutu Organisasi memulai memperkenalkan tentang SNI Award. Pengertian SNI Award yaitu penghargaan yang diberikan oleh Badan Standardisasi Nasional kepada perusahaan/organisasi yang mempunyai komitmen dan konsisten dalam menerapkan SNI dan memiliki kinerja baik. Manfaat yang diperoleh dengan mengikuti SNI Award sbb: (1) mendapatkan penghargaan berupa  sertifikat  penerap SNI; (2) Mendapatkan berbagai masukan untuk perbaikan berkelanjutan. Bila menjadi pemenang SNI Award, maka akan mendapatkan Trophy SNI Award dan sertifikat penghargaan penerima SNI Awardsertaprofil perusahaan/organisasi akan dipublikasikan melalui media massa, baik cetak maupun elektronik.

Setelah memperkenalkan tentang SNI Award, Audia Ratnasari, S.Psi., M.M. menceritakan usaha Ubaya mendapatkan SNI Award. Ubaya telah mengikuti ajang SNI Award selama 4 periode. Pertama pada tahun 2011, tujuan awal mengikuti hanya ingin mendapatkan masukan terkait penerapan standar di Ubaya,yang kebetulan saat itu Ubaya sedang memulai memperluas lingkup standar yang awalnya 7 unit menjadi 32 unit beserta seluruh S1 dan S2. Namun masukan secara tertulis baru kami terima pada periode kedua yaitu 2012. Kemudian di tahun 2013 Ubaya kembali mengikuti ajang SNI award, berbekal feedback dari hasil SNI Award tahun 2012.

Selanjutnya pada periode 2014 dengan berbekal banyak masukan di tahun 2012 dan 2013, beserta penambahan berbagai standart yaitu ISO,IWA2, serta implementasi Sistem Manajemen Lingkungan, OHSAS/K3, Ubaya kembali mencoba ajang SNI Award 2014.Pada periode 2014 inilah Ubaya didatangi oleh tim reviewer SNI Award 2014 (dari BSN) untuk on site visit,  yakni melakukan verifikasi lapangan terhadap isian SNI. Setelah proses on site visitselesai, selanjutnya tim reviewer memaparkan hasil on site visit nya kepada tim dewan juri yang diketuai oleh Prof. Rhenald Kasali Ph.D. Tidak mudah meyakinkan tim juri SNI, apalagi terdapat 17 juri yang didapuk BSN untuk mengawal mulai dari pendaftaran, verifikasi, kunjungan, sampai penentuan pemenang. Beberapa minggu kemudian Ubaya mendapatkan berita bahwa Ubaya telah memenangkan SNI Award dengan kategori perusahaan dan organisasi besar sektor jasa. Berita ini merupakan suatu kebanggaan bagi Ubaya setelah penantian selama empat.

Pemaparan ini diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab seputar materi yang telah disampaikan. Diskusi dan tanya jawab dipandu oleh Arif Herlambang, S.Si., M.Si. pertanyaan silih berganti ditanyakan oleh mahasiswa seputar SNI Award, diantaranya pertanyaan mengenai biaya, “apakah untuk mengikuti SNI award perusahaan harus membayar ?”. Dalam tanggapannya, Audia menyampaikan bahwa untuk mengikuti SNI Award, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis.

Sebelum acara ditutup, Muhammad Arbi Hadiyat, S.Si., M.Si. memberikan sedikit wejangan, “dengan adanya kunjungan ini bisa terlihat bahwa Mata Kuliah Standardisasi tidak hanya di “awang-awang”saja, tetapi bisa melihat langsung bagaimana penerapan standardisasi (SNI) di Ubaya, yang dibuktikan dengan menjadi pemenang pada ajang SNI Award 2014”. “Perlu kalian ketahui, bahwa masih ada perguruan tinggi diluar Ubaya yang memberikan mata kuliah Standardisasi, namun perguruan tinggi tersebut belum menerapkan SNI”. “Sedangkan di Ubaya ada mata kuliah standardisasi, dimana Ubaya juga menerapkan standar tersebut”. Sebagai penutup Arif Herlambang, S.Si., M.Si.  menyampaikan terima kasih atas kunjungan para mahasiswa dan dosen jurusan Teknik Industri ke DPMAI Ubaya, semoga kunjungan ini dapat menambah pengetahuan mahasiswa tentang SNI Awardserta bagaimana penerapan standar (SNI) di Ubaya. (AA/AH)

Artikel ini telah dibaca sebanyak 640 kali.