Tel: +62-31-298-1029,1019 | Mail: dpm_ai@ubaya.ac.id


On Site Evaluation SNI Award 2014 (6-7 Oktober 2014)

Tahun ini Ubaya terpilih untuk On Site Evaluation SNI Award 2014, setelah sebelumnya beberapa kali mendaftar serta melengkapi persyaratan keikutsertaan SNI Award (tahun 2010, 2012, 2013). Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah standar yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional dan berlaku secara nasional. SNI Award adalah penghargaan yang diberikan oleh Badan Standardisasi Nasional kepada perusahaan/organisasi yang mempunyai komitmen dan konsisten dalam menerapkan SNI dan memiliki kinerja baik. Adapun tahap penilaiannya dimulai dari pendalaman dokumen (desk review), evaluasi lapangan (on site evaluation), pemilihan nominee, pemilihan penerima Award. Sedangkan komponen penilaian meliputi kriteria Kinerja Organisasi, Awareness terhadap SNI, serta Hasil Bisnis.

Senin, 6 Oktober 2014 pukul11.30 Tim Evaluator SNI Award 2014 yang terdiri dari Dr. Zakiyah, M.M.(Lead Evaluator), R. Ewang Kurniawan, Ridho Wibowodatang dalam rangka on site evaluation SNI Award 2014 di Universitas Surabaya. Dalam sambutannya, Dr. Zakiyah, M.M. menyampaikan bahwa Universitas Surabaya sangat ngetopdi mata BSN, karena sangat concerndengan pengembangan standar. Kedatangan tim evaluator ini ingin membuktikan betul atau tidak dalam kenyataannyaserta kesesuaiannya dengan hasil desk evaluation isian borang SNI Award yang sudah dinilai oleh tim evaluator yang berbeda.Selain itu, tim evaluator kali ini juga ingin melihat keunggulan-keunggulan yang dimiliki Universitas Surabaya, yang mana telah dipresentasikan Rektor di sesi pertama.

Sesi berikutnya, dilanjutkan dengan kunjungan lapangan di Kampus II Tenggilis, dimulai dari ruang Jurusan Teknik Industri, Lab. Komputer TI  dimana sedang berlangsung perkuliahan, serta bermacam-macam game untuk pengenalan standarisasi. Kantin Keluwih, IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), Fakultas Bisnis dan Ekonomika, IAS (Integrated Administration Service), SIM, LPPM, kantor Direktorat Kerjasama Kelembagaan, serta Teaching Industry juga menjadi tempat yang dikunjungi tim evaluator. Diskusi tim evaluator dengan staf terkait di setiap bagian, banyak memberikan masukan keunggulan Ubaya yang melengkapi isian borang maupun slide presentasi.

Pada hari kedua, Selasa, 7 Oktober 2014, Tim Evaluator beserta tim DPMAI Drs. Muhammad Rosiawan, MT.(Pendamping DPMAI),Audia Ratnasari, Arif Herlambang, S.Si., M.Si. dan Junanik Idayani, S.E., M.M. mengunjungi Kampus III UTC Trawas,Mojokerto. Kedatangan Tim Evaluator disambut oleh Bpk Theopilus Hermawan, Bpk TotokIlham, S.Psi., Bpk KuswaraRahadian, Bpk Anam beserta staf UTC yang dengan ramah memberikan penjelasan perihal EcoSan, Tanaman Organik, fasilitas akomodasi UTC, IPAL, rencana pembangunan pusat informasi situs Penanggungan, fasilitas outbond serta pengendalian safety nya, Rumah Jamur, Pupos (Pusat Pendidikan Olah Sampah), Pembibitan Domba Ekor Gemuk. Kunjungan di kampus III diakhiri dengan menyantap menu makan siang di kantin Genitri, sambil menikmati semilir angin pegunungan siang itu.

Sore harinya, Tim Evaluator kembali ke Kampus I, melakukan sesi wawancara dengan top management (Rektor dan para Wakil Rektor) diantaranya perihal upaya memotivasi karyawan sehingga bisa melakukan unjuk kerja sepenuh hati serta menjiwai pekerjaannya, upaya pengembangan apa saja yang dilakukan untuk para dosen, jumlah professordan doktor. Lalu juga tentang penetapan IPK Lulusan beserta kompetensi softskill nya, lulusan Cum Laude dan Teladan.

Dalam sesi penutupan, Tim Evaluator menyampaikan rasa terimakasih atas keikutsertaan Ubaya dalam SNI Award, semoga bisa menjadi model dalam penerapan standar. Hasil on site evaluation  nantinya akan disampaikan kepada Dewan Juri, dan selanjutnya Dewan Juri akan mengumumkan nominee dan pemenangnya pada bulan November, sebagai bagian dari peringatan bulan Mutu Nasional. Diharapkan kerjasama yang baik dengan BSN dapat terus dilanjutkan, tidak hanya dalam rangka SNI Award saja. Demikian pula sebagaimana disampaikan Rektor kerjasama dengan BSN dapat diperluas di bidang lainnya, yang menunjang tridharma Perguruan Tinggi, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakatsehingga bisa menaikkan daya saing bangsa. (AR, NU)

Artikel ini telah dibaca sebanyak 318 kali.